Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

Hustle

hustle

Tumben-tumbenan saya merekomendasikan film serial dalam pojok entertain me. Tapi memang film serial ini bagus sekali, baik dari segi cerita, pesan dan akting.

Hustle adalah serial buatan BBC dan pertama kali tayang pada 2004 silam. Film ini menceritakan tentang sekelompok conman (penipu) yang menipu korbannya dengan cara yang sangat cerdas. Memang lebih tepat disebut sekumpulan conman (kata con berasal dari confident), karena mereka melakukan penipuan dengan sangat percaya diri dan dengan ketenangan yang luar biasa. Tidak ada aksi kepahlawanan di sini, tim tersebut murni kriminal yang menipu untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar untuk diri mereka sendiri. Rencana penipuan yang dilakukan disusun sangat mendetail, dan pada akhir cerita akan diungkapkan bagaimana rencana tersebut dapat mendukung skenario penipuan.Sangat sedikit adegan action yang dijumpai, bahkan mendekati tidak ada, sebuah drama dengan titik berat pada logika alur cerita, dan hal tersebut merupakan keunggulan telak dari film ini.

Kebanyakan penipuan yang dilakukan memanfaatkan salah satu kelemahan terbesar umat manusia yaitu keserakahan. Keserakahan menjadi pintu masuk dalam melancarkan aksi penipuan, sangat cocok dengan pedoman mereka yang berbunyi :

“Find somebody who wants something for nothing, then give him nothing for something”

Sedikit cerita, tim tersebut terdiri dari Leader, Roper, dan fixer. Leader sebagai pemimpin bertugas untuk merencanakan skenario penipuan lengkap dengan jalan keluarnya, roper bertugas sebgai pencari target dan fixer bertugas untuk mempersiapkan latar belakang dari skenario penipuan mulai dari kantor palsu, web perusahaan palsu, dokumen-dokumen legal yang tentu juga palsu dsb.

Mickey Brick sendiri sebagai leader dari tim penipu adalah salah satu pemain favorit saya. Ketenangan dan perencanaan dari mickey yang tidak pernah meleset (mulai Plan A, Plan B, Plan C,dst),  benar-benar bisa membuat geleng-geleng kepala pada akhir cerita, seperti gabungan antara John ‘Hannibal’ Smith (A Team) dan Mr Ocean (Ocean 12). Cool, calm and confident.

Kesimpulannya adalah film ini layak sekali untuk ditonton. Akan ada banyak sekali yang bisa kita pelajari, karena terkadang ada fakta-fakta sejarah yang dimunculkan dan terutama ketenangan yang bisa kita contoh dari mereka. Film ini menyajikan skenario penipuan yang berbeda-beda di tiap episode lengkap dengan twisted ending, logika, humor, dan kejutan-kejutan lainnya.  Jalan cerita yang cerdas membuat saya tidak pernah bosan mengikuti film ini sampai tuntas. Yak ! 9 dari skala 10 untuk film ini. Cheers !

 

“God made a garden for man and woman and he told them ‘Do not eat the fruit from that tree.’ A serpent visited the woman and offered her an apple from the tree. He told her the apple would give her knowledge. He was very pursuasive. And mankind has been paying the price ever since… All because we were tempted by something we didn’t need. The serpent was the first grifter.”

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *