Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

Religulous (2011)

religulous

Sebelum menonton film ini, ada satu pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada diri kita sendiri. Apakah kita terima jika agama kita dipertanyakan ? jika jawabanya “YA”, maka demi iman dan emosi anda lebih baik film ini jangan pernah ditonton.

Religulos adalah film paling cerdas yang pernah saya tonton. Film ini bertemakan tentang keraguan terhadap agama, sebuah tema yang jarang sekali diangkat oleh produser-produser film saat ini. Religulous sendiri berasal dari kata “religion” dan “ridiculous”, bisa ditebak sendiri apa makna kata-kata tersebut ditambah lagi cover film dengan gambar yang sangat provokatif.

Film ini adalah jenis film documenter yang dibumbui dengan banyak sekali humor. Bercerita tentang Bill Maher yang mondar-mandir ke sana kemari mempertanyakan keraguannya soal agama kepada orang-orang yang dinilai kompeten di bidang agama, contohnya seperti Pendeta, Monsinyur, Rabi, sampai Ulama. Bill Maher merupakan seorang comic ternama, dan kebayakan humor yang ditampilkannya tidak jauh dari kritikan terhadap agama.  Cara Bill Maher bertanya juga sangat bagus dan kritis, tidak ada pertanyaan-pertanyaan bodoh di sini. Bill Maher berpendapat jika agama “menjual” jawaban atas ketidak pastian, maka film ini adalah sebaliknya, film ini menjual keraguan atas ketidak pastian tersebut. Agama yang diulas juga sangat bervariasi, mulai Kristen, Katolik, Yahudi, Judaism, dan Islam.

Yang paling menarik bagi saya adalah, berulang kali pertanyaan-pertanyaan Bill Maher tersebut terasa ngena sekali, bahkan saya sendiri selaku orang yang disebut beragama tidak tahu apa jawabannya. Ada juga bumbu-bumbu potongan film, pidato, maupun kejadian-kejadian nyata masa lalu yang ikut meramaikan fakta di film ini.

Mungkin secara sempit film ini menganjurkan para penonton untuk menjadi atheis, tapi sebenarnya bukan itu pesannya. Film ini sama sekali tidak mempertanyakan Tuhan, tapi agamalah yang jadi bulan-bulanan. Apakah memang benar agama kita ini sebuah jalan yang tepat untuk mencapaiNya ? pertanyaan yang susah bukan ?!.

Kesimpulannya film ini sangat layak ditonton asal dengan pikiran terbuka. Keraguan yang ditimbulkan dalam film ini justru akan membuat kita melakukan pencarian yang lebih mendalam lagi terhadap apa yang selama ini kita yakini. 9 dari skala 10 untuk film ini.  Cheers !

If you believe that the world is going to come to an end – and perhaps any day now – does it not drain ones motivation to improve life on earth while were here?

– Bill Maher

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *