Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

Global Worming

Global worming adalah game snake / worm yang menggunakan input implementasi dari bahasa Herbert (bahasa H), yaitu bahasa yang digunakan dalam input game herbert. Global Worming merupakan game programming dan puzzle, dimana worm diharuskan untuk memakan habis semua buah dan digerakkan dengan menggunakan bahasa H serta dibatasi ukuran langkah yang dilakukan. Game ini adalah game yang saya kembangkan sewaktu saya masih kuliah sebagai bahan untuk mengikuti kontes education game internal kampus yang bernama Innovative Contest (I2C) pada 2008 tahun silam.

Saya menggunakan bahasa pemrograman Java dan game engine GTGE (Golden T Game Engine) yang notabene adalah game engine buatan Indonesia. GTGE sudah tidak dikembangakan lagi sekarang, terakhir kali saya lihat di website resminya, GTGE masih pada versi 0.2.3, itu sama dengan versi yang saya gunakan untuk mengembangkan game ini. Sayang sekali bukan, padahal GTGE adalah game engine yang mudah digunakan, apabila pengembangan game engine ini berlanjut maka saya yakin akan banyak game developer baru yang terlahir.

Herbert sendiri yang saya sudah sebutkan di atas adalah salah satu game yang dilombakan dalam Imagine Cup, sebuah event rutin milik Microsoft. Game ini bertipe puzzle dengan algoritma sebagai fugsi utama permainannya, maka dari itu di dalam Imagine Cup game ini masuk dalam kategori kompetisi algoritma. Secara umum pergerakan karakter dalam game ini yaitu robot yang bernama Herbert digerakkan oleh sebuah algoritma untuk menghabiskan semacam poin yang diletakkan terpola di dalam suatu lapangan permainan. Pemain yang menggunakan algoritma yang efektif akan jadi pemenangnya, efektif di sini berarti algoritma dengan ukuran paling kecil tapi dapat menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu Herbert adalah inspirasi utama dalam membuat game Global Worming ini, bahasa Herbert saya terapkan dalam menggerakkan Worm dalam permainan. Sistemnya juga masih sama dengan Herbert, sebuah puzzle algoritma dengan algoritma terefisien yang jadi pemenangnya. Hanya saja worm disini didisain sesuai game worm di game Nokia jaman jadul, dimana jika worm memakan buah maka tubuhnya akan memanjang dan worm tidak bisa menabrak ekornya sendiri. Hal itu akan menambah tingkat kesulitan dalam bermain dan kreatifitas dalam menciptakan level. Bahkan sekarang sudah ada framework Herbert dalam bahasa C#, jadi pengembangan aplikasi yang memakai bahasa Herbert bisa lebih mudah lagi. Saya sangat berharap GTGE bisa mengembangkan game enginenya seperti Herbert supaya lebih banyak lagi karya yang bisa dihasilkan oleh anak bangsa.

Visi saya adalah mengembangkan sebuah game seperti warcraft, memang sih grafis dan kompleksitasnya masih kalah jauh banget. Tapi yang saya sadari dari Warcraft adalah sebuah game yang berkembang karena modifikasi dari pemain game tersebut, coba tengok DoTA, Heroes Defense, Herocraft, Tower Defense, dan banyak lagi yang merupakan modifikasi dari para fans pada awalnya. Bahkan DoTA yang merupakan modifikasi permainan pada Warcraft sudah dibeli oleh salah satu perusahan game terkenal yaitu valve untuk dibuat versi standalone-nya yang berjudul DoTA 2. Game seperti warcraft adalah game yang tidak pernah mati karena menitik beratkan pada permainan dan kebebasan pemain untuk menciptakan permainan itu sendiri. Itulah yang menjadi visi saya dalam membuat Global Worming ini, oleh karena itu saya membuat sebuah system supaya level dari game ini bisa dimodifikasi dengan mudah oleh pemain. Jadi saya mengharapkan interaksi saling menantang antar pemain, apakah pemain yang satu bisa memecahkan algoritma level yang dibuat oleh pemain lainnya. Seperti menyediakan sebuah lapangan, olahraga yang ada didalamnya benar-benar diserahkan kepada para pemain. Visi yang amat besar tapi diikuti dengan pengembangan yang kurang.

Memang saya berhasil meraih juara 1 pada kontes tersebut, tapi melihat sekarang game ini berkarat di hardisk saya, maka saya memutuskan untuk membagi game ini di oiasatria.com. Siapa tahu ada yang memiliki visi sama seperti saya dan mau mengembangkan game ini bersama. Karena jujur, saya tidak mampu untuk mengembangkan game ini ke level selanjutnya sendirian. Mohon maaf juga saya tidak membagi source code-nya, sourcode akan saya bagi secara personal jika ada yang benar-benar tertarik dengan game ini.

Berikut adalah link download game Global Worming lengkap dengan petunjuk permainannya

 download

Screenshoot game ini :

 Global Worming

Sederhana memang, tapi cukup memuaskan bisa menghasilkan karya yang menghasilkan uang. Lumayan buat jajan.

Untuk bisa memainkan game ini dibutuhkan JRE (Java Runtime Environment) yang bisa di download di sini

Catatan kaki :

Game Engine : Sebuah sistem pemrograman terpaket yang khusus digunakan untuk membuat game, mungkin lebih seperti oven roti yang khusus digunakan untuk membuat roti.

Algoritma : Merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Warcraft : Salah satu game yang membuat saya kecanduan saat kuliah, tidak tidur dua hari atau tidur tapi di game centre.

Source code : kumpulan pernyataan atau deklarasi bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia. Source code memungkinkan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer menggunakan beberapa perintah yang telah terdefinisi.  Lebih mudahnya adalah bahasa perintah yang dimengerti oleh mesin (komputer).

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *