Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

Melawan Korupsi

Korupsi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan dsb) untuk keuntungan pribadi atau orang lain. Implikasi korupsi ini sungguh tidak tanggung-tanggung. Mulai dari biaya pendidikan, harga BBM, sampai ke bantuan kemanusiaan yang harusnya diberikan kepada yang membutuhkan bisa menjadi target korupsi.

Tidak bisa dipungkiri lagi korupsi sudah menjadi trending topic bangsa Indonesia saat ini. Trending topic tersebut bahkan sudah mendunia, jangan kaget bila kita menemukan bahwa Indonesia berada pada peringkat  ke 5 dunia berdasarkan survey yang dilakukan oleh Transparency International yang merupakan gerakan yang berisi gabungan orang-orang yang sudah muak dengan yang namanya korupsi. Gerakan ini  dimulai pada tahun 1993 dan sekarang sudah lebih dari 100 negara yang ikut bergerak di dalamnya termasuk Indonesia.

Bangsa ini sudah dari jaman nenek buyut kita berjuang melawan korupsi yang tidak ada habisnya.  Perlawanan yang paling mudah dilihat adalah orang-orang yang turun ke jalan untuk kampanye anti korupsi dengan cara berdemo. Kadang demonstrasi berhasil, kadang tidak, kadang malah tidak digubris, atau malah justru dijadikan suatu kendaraan politik bagi sekelompok oknum.  Demonstrasi ibarat lotre, untuk bisa menang besar dalam lotre maka kualitas dan kuantitas harus ditingkatkan, kuantitas meningkatkan probabilitasn dan kualitas meningkatkan nilai kemenangan. Begitu juga dengan demonstrasi, agar didengarkan maka harus sering-sering berdemo dan juga meningkatkan kualitas demo. Dalam hal ini masyarakat Indonesia seringkali menggunakan cara-cara kekerasan dalam meningkatkan kualitas demo agar disorot oleh media yang notabene menjadi tolak ukur keberhasilan demo tersebut, lihat saja demo BBM yang jadi rusuh di beberapa tempat.  Kekerasan tidak akan menyampaikan pesan, melainkan hanya melahirkan ketakutan. Saya pribadi kurang setuju kualitas demo yang seperti ini. Kampanye anti korupsi tidah harus dalam bentuk demonstrasi, tidak harus turun ke jalan. Kampanye bisa kita lakukan lewat banyak hal, menulis melalui blog, menyebarkan semangat anti korupsi di social media, membuat/menyebarkan film anti korupsi, berorganisasi dengan visi anti korupsi, dsb.

Bagaimana korupsi bisa diatasi ?

Mengatasi korupsi butuh perjuangan yang sangat panjang dan berkelanjutan, tapi tetap ada titik awal perjuangan. Titik awal tersebut bernama kesadaran. Sadar bahwa korupsi itu merupakan hal buruk, dosa, negatif, dan memalukan adalah penting.  Kesadaran merupakan suatu hal yang pada akhirnya akan mempengaruhi keputusan kita. Sadar bahwa gorengan buruk bagi kesehatan karena kolesterol akan membuat pilihan makanan kita menjadi lebih sehat, begitu juga dengan korupsi, sadar bahwa korupsi buruk akan menjaga tindakan kita tetap pada jalur yang benar.

Menumbuhkan kesadaran diri bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menonton film KvsK (Kita vs Korupsi).  Film yang berisi 4 buah cerita yang menarik tentang korupsi yang bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari menjadi dasar suatu kampanye untuk menanamkan kesadaran anti korupsi dengan media pop culture. Film KvsK ini merupakan film non komersil produksi bersama dari Transparency International Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi, Management Systems International, USAID, dan Cangkir Kopi.  Film yang ditujukan untuk menggugah kesadaran kita bersama tentang korupsi ini dijadwalkan akan diputar pada 1 Juni 2012 dalam event “Jumatan” yang merupakan event nonton bareng rutin Komisi Kepemudaan Keuskupan Surabaya. Tempat yang digunakan adalah auditorium lt 4 Universitas Widya Mandala Surabaya . TIdak lupa sejumlah bintang tamu dihadirkan dalam acara nonton bareng ini dengan tujuan untuk mendiskusikan korupsi secara lebih mendalam. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat poster di bawah ini

Kita vs Korupsi

Gratis. Silahkan datang, dan silahkan membuka pikiran. Tidak akan rugi membuka kesadaran kita tentang bahaya korupsi.

Karena pada akhirnya kebaikan lahir dari kebaikan sebelumnya, kebaikan generasi kita akan melahirkan kebaikan generasi selanjutnya. MERDEKA !

Tambahan : karena Film KvsK bersifat non-komersil, dimaksudkan sebagai kampanye antikorupsi maka ada beberapa syarat dalam menayangkan Film KvsK tersebut. Jika ada di antara teman-teman ingin menayangkan film tersebut, syarat dan ketentuan bisa dilihat langsung di website indonesiabersih.org

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *