Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

People Change

Sudah lama sekali saya ingin menulis topik ini, yaitu tentang sebuah perubahan. Perubahan yang akan saya tulis disini lebih menjurus kepada perubahan pemikiran yang terjadi pada saya sendiri. Meski terkesan seperti curhat, tapi mungkin ada yang mengalami hal yang sama seperti saya.

Manusia selalu berubah, tidak ada manusia yang tidak berubah.  Seperti ada pepatah yang berbunyi “Satu-satunya hal yang pasti adalah ketidak pastian sendiri” dalam hal ini saya modif sedikit menjadi “Satu-satunya hal yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri”.  Kita pasti pernah berubah, apapun alasannya, entah karena bosan atau alas an yang lebih berat. Dari merubah rute jalan ke kantor sampai pindah agama adalah perubahan yang mungkin kita alami atau pernah kita lihat pada orang-orang sekitar kita.

Penyebab perubahan yang paling besar menurut saya berasal dari lingkungan sekitar kita, seperti hukum 1 Newton yang terkenal dengan sebutan hukum kelembaman (inersia). Hukum tersebut secara garis besar mendefinisikan bahwa selama tidak ada resultan gaya yang bekerja pada sebuah benda maka benda tersebut akan selalu pada keadaannya (keadaan diam maupun bergerak lurus beraturan). Meskipun itu hukum fisika, tapi ternyata hukum tersebut cocok dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam diri saya. Kebanyakan perubahan yang saya alami adalah karena pengaruh-pengaruh dari luar seperti kritik, saran, terinspirasi dari orang lain, pengalaman dan pembelajaran.  Semakin besar tingkat rangsangan dari luar maka semakin besar juga perubahan yang saya alami.

Selain itu kita juga tidak bisa mencegah orang lain berubah, karena diri kita sendiri juga pasti berubah. Meskipun kadang kita tidak pernah menyadari seberapa besar perubahan yang kita alami. Sering saya merasakan bahwa saya masih sama seperti saya yang dulu, tapi ternyata tidak. Saya sadar bahwa saya berubah begitu banyak ketika saya melihat kembali tulisan “about me” di blog saya yang lama dan membandingkan dengan “about me” di blog saya sekarang. Kolom about me dari suatu blog/web merupakan kolom yang menggambarkan seperti apa pemilik blog/web tersebut.  Berikut adalah tulisan “about me” dalam blog saya yang lama :

Saya mulai kolom about me ini tentang identitas sang penulis. Yup, nama saya oia, cukup singkat dan terdiri dari 3 huruf vokal. Nama lengkap masih dirahasiakan dikarenakan memiliki efek yang luar biasa terhadap masyarakat sekitar. Jika ingin memanggil saya dengan nama yang agak panjang sedikit, boleh lah dipanggil ”Cah bagus”, ”Orang Ganteng Sejagat”, atau whatever yang diakhiri dengan kata ”bagus”, ”ganteng”, atau ”cakep”.

Masih kuliah di jurusan informatika salah satu universitas di Yogyakarta. Tertarik sekali dengan semua hal tentang Java (J2EE, J2SE, JME), meski belum menghasilkan program yang berguna buat dunia, tetapi ketertarikan saya terhadap java merupakan ketertarikan murni tanpa sintetis ibarat cinta yang ngejawantahnya Kahlil Gibran. Selain java, juga tertarik dengan hal-hal yang bersifat open source alias gratis (bajakan juga boleh), because nothing better than free things.

ngeblogjob.blogspot.com, mungkin anda pernah mendengar kata-kata yang mirip blogjob di suatu tempat dan dilain suasana. Hmmm…. saya pikir kata blogjob mirip dengan blowjob, salah satu istilah dalam bokep. Pernah suatu ketika teman saya komentar, ”Namanya blowjob kok ga ’ditiup’ ya, tapi kok malah ’disedot’”… hayah… maaf jadi ngelantur ke arah bokep. Back to the purpose, kenapa dinamakan blogjob? Ya karena saya berusaha menjadikan blogspot suatu pekerjaan rutin untuk berbagi pengetahuan dengan sodara-sodara, temen-temen, nyak-nyak, om-om, adek-adek dan tante-tante sekalian tentang berbagai macam hal yang terlintas di hati dan pikiran saya, baik itu busuk, ide cemerlang, OOT, ataupun kebodohan. Semoga para penikmat dunia maya dapat memperoleh sesuatu yang dapat beguna, sesuatu yang menggelitik dan juga membuka wawasan. Semoga saja…

Sementara untuk kolom about me di blog ini bisa dilihat di sini.

Perbedaan saya dalam mendefinisikan diri saya sendiri sangatlah besar antara saya yang dulu dengan saya yang sekarang. Ada yang hilang dan ada yang ditambahkan, seperti sekarang saya yang tidak begitu berhasrat kepada IT tetapi mendapatkan visi yang lebih baik dalam berkarya, yaitu untuk menginspirasi.

Kadang saya seperti tidak rela melihat perubahan orang-orang disekitar saya. Pikiran “kamu dulu seperti itu, tapi sekarang kok jadi begini” selalu terlintas di pikiran saya ketika saya mengetahui ada teman saya yang sudah berubah. Contohnya melihat jenis teman dalam kejahatan (friend in crime) yang tiba-tiba berubah jadi baik dan kembali ke jalan yang benar, dan tidak bisa lagi melakukan hal random yang mengasyikkan bersama-sama, atau melihat kawan yang dulunya baik sekarang menjadi seorang kriminal kelas berat, teman yang berpindah agama, dan banyak lagi macamnya.

Karena perubahan sendiri adalah proses kehilangan dan menemukan. Saya seringkali penasaran dengan teman-teman saya mengenai perubahan yang mereka alami. Pertanyaan seperti “Apa sih yang mengubahmu ?” sering saya tanyakan pada teman-teman yang saya nilai sudah berubah. Tidak ada maksud lain dari sekedar ingin tahu apa yang menyebabkan mereka berubah, karena saya sendiri kadang kehilangan jejak tentang apa yang mengubah diri saya sampai seperti ini, siapa tahu jawaban dari teman mirip dengan yang saya alami. Bukan cuma itu, mungkin saja perubahan yang positif dari teman-teman bisa saya jadikan contoh.

Mengingat track terhadap perubahan yang dialami oleh diri sendiri menurut saya sangat penting dalam mengenal diri sendiri dan memahami orang lain, yang lebih jauh dapat berperan dalam proses pengambilan keputusan. Seperti ungkapan terkenal Bung Karno “jasmerah”, jangan sekali-kali melupakan sejarah, sejarah perubahan diri sendiri tidak boleh dilupakan. Dengan mengingat sejarah itu, saya sendiri dapat memahami kenapa seseorang yang belum berumur seperti saya bertingkah laku seperti itu, ya alasannya karena dulu saya mengalami tahap itu.

Cara mengingat track perubahan diri salah satunya adalah berkarya, dengan melihat karya-karya sendiri yang dihasilkan dulu, maka saya akan mengingat bagaimana diri saya yang dulu. Karya memang salah satu media yang tepat dalam berkaca. Menulis blog ini adalah salah satu tujuan saya mengingat diri saya sendiri, mungkin 10 tahun lagi gaya dan isi tulisan saya di sini berbeda dengan sekarang. Membayangkan saya membaca tulisan saya sendiri 10 tahun mendatang mungkin rasanya sama seperti saya membaca tulisan about us saya 4 tahun yang lalu. Merasakan kalau saya ini sudah berubah dan berkembang, berbeda jauh dari saya yang dulu. Maka dari itu beruntunglah yang punya buku harian, karena track perubahan akan terdokumentasi lebih rinci.

Akhir kata, memang kadang perubahan tidak bisa diterima dengan mudah, tapi dengan menyadari diri saya berubah maka menerima perubahan membuat saya mengerti bahwa tidak merelakan seseorang berubah bukanlah hal yang benar. Perubahan sangatlah penting bagi perkembangan pribadi seseorang, karena perubahan merupakan salah satu cara dari orang untuk menemukan dirinya.

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *