Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

SEO – Spam Engine Optimization ?

SEO yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization yaitu serangkaian proses yang dilakukan agar website/blog mendapatkan peringkat yang bagus di search engine. Video di bawah ini menjelaskan dengan sangat bagus apa itu SEO.

Nah berdasarkan video di atas ada beberapa poin yang mempengaruhi kualitas website/blog anda di mata search engine yaitu :

  • Words Matter
  • Titles Matter
  • Links Matter
  •  Words in Link
  •  Reputation

Sebenarnya dengan hanya memfokuskan pada poin 1 dan 2 yaitu pada kualitas tulisan dan judul tulisan yang sesuai maka otomatis poin 3,4 dan 5 akan kita dapatkan. Tulisan yang bagus dan berkualitas akan banyak di rujuk orang, sehingga link yang mengarah ke artikel tersebut makin banyak, otomatis reputasi juga akan naik. Tetapi tidak di jaman sekarang, di jaman blog bukan hanya sekedar sharing melainkan monetizing. Semakin banyak pengunjung di website/blog akan berbanding lurus juga dengan semakin banyaknya uang yang bisa kita hasilkan.  Banyaknya pengunjung di suatu website/blog dikonversi ke uang melalui media-media iklan yang dipasang. Ada bermacam-macam model iklan yang bisa menghasilkan uang bagi empunya website/blog, misalnya : iklan pay per click, pay per view, pay per lead, dll.

Dulu sebelum Negara api menyerang, alias ketika saya masih bekerja di kantor lama saya, saya pernah membuat salah satu Robot spam untuk kepentingan SEO. Robot ini mampu mendaftarkan website/blog yang dituju ke ribuan link direktori dengan sekali klik. Link directory sendiri adalah sebuah website yang membatu website/blog lain dalam membangun link (link building), agak ribet ya. Mungkin penjelasan simplenya adalah sebuah web yang akan menyimpan link ke website/blog anda sehingga Point link Matter dan Reputation meningkat.  Link Directory sendiri ada yang berbayar dan yang tidak berbayar, Robot yang saya buat menargetkan pada link directory yang tidak berbayar. Robot tersebut saya buat dengan bahasa pemrograman Java, mampu mengotomatisasi input yang dilakukan manusia pada saat mengupload webnya ke dalam link directory. Robot itu akan membuka beberapa jendela web browser dan mengakses sekaligus melakukan upload alamat web ke banyak link direktori secara bersamaan. Karena kebanyakan Link Directory menggunakan model yang sama, maka cukup dengan 1 algoritma input saja sudah bisa berlaku untuk banyak Link Directory. Pengalaman ini sedikit banyak membuat saya mengerti bagaimana bentuk dapur para pekerja SEO dalam menghasilkan dollar dari Internet.  Beberapa orang yang menginginkan penghasilan instan dan besar dari website/blog otomatis melakukan cara yang instan juga.  Menggunakan robot untuk melakukan tugas SEO menjadikannya lebih condong ke spam dan itu sudah menjadi rahasia umum para pekerja-pekerja SEO. Oleh karena itu seperti judul di atas, SEO saya plesetkan kepanjangannya menjadi Spam Engine Optimization.

Spam adalah pengiriman pesan yang bertubi-tubi  tanpa dikehendaki oleh penerima dengan tujuan tertentu. Spam bisa dalam berbagai bentuk, misalnya spam email, spam sms, spam comment, spam tweet, dll.  Teknologi spam sekarang sudah sangat berkembang dengan adanya pemrograman/framework robot. Robot disini bukan dalam bentuk hardware macam megazord atau gundam, melainkan lebih ke software untuk mengautomatisasi kegiatan tertentu. Lihat saja imacross, sebuah plugin web browser yang berguna untuk otomatisasi fungsi-fungsi pada web, ada lagi autohotkey, bahkan bahasa pemrograman java menyediakan class robot tersendiri. Dengan menggabungkan konsep robot + spam, maka kegiatan spam akan berjalan secara cepat dan otomatis. Point SEO no 3,4, dan 5 di atas akan lebih mudah di raih dengan robot spam ini.

Robot SEO sendiri bermacam-macam fungsi dan modelnya, seperti misalnya membuat banyak blog dengan cepat sekaligus mengisi contentnya secara periodik lalu menanamkan link yang menuju website/blog utama kita, sehingga reputasi website/blog dapat dibangun secara semu.  Ada robot untuk membuat akun social media dengan cepat, dengan sekali klik anda bisa membuat 1000 akun twitter secara otomatis, dengan begitu terpecahkan sudah darimana jasa jual beli follower itu ada. Robot yang membuat akun facebook dengan cepat juga ada, dari sini berasal jasa “like” status atau tambah teman facebook. Atau robot yang berguna untuk menanamkan link dengan cara comment ke ratusan website/blog yang sama topiknya dengan website/blog kita, sehingga kegiatan link building website/blog yang bersangkutan berjalan dengan cepat. Coba lihat comment yang dihasilkan oleh robot SEO yang masuk ke web saya di bawah ini

Spam Comment

Silahkan di Klik Biar Gede

Tidak ada satupun comment di atas yang saya approve, karena isi comment memang tidak relevan dengan apa yang saya tuliskan, itulah yang menjadi salah satu kelemahan robot spam SEO ini.

SEO ini bukanlah ilmu pasti seperti fisika, perkembangan SEO sangat dipengaruhi oleh perkembangan search engine sendiri. Memang search engine sekarang tidaklah seakurat dulu karena banyaknya spam-spam website/blog atau tulisan yang hanya mengarahkan kita ke lapak monetizing orang lain, bukan ke informasi yang benar-benar kita cari. Tetapi jangan kuatir,  tidak satupun robot-robot spam tersebut berumur panjang karena algoritma dari search engine berkembang terus menerus. Algoritma (receipt seperti pada video di atas) tersebut akan terus dikembangkan untuk menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas, karena search engine yang tidak mampu menghasilkan hasil pencarian yang berkualitas jelas akan ditinggalkan.

At least. SEO menurut saya baik asal tidak spamming. Tapi menemukan pekerja SEO tanpa spamming jelas seperti mencari jerawat pada wajah Pevita Pearce. Percayalah ! Kualitas tulisan itu yang utama, backlink dan reputasi akan menyusul kemudian. Astalivista

  • Share on Tumblr

4 Comments

  1. Mantap eh, topik tulisannya berat… 😀

    • Hahahaha… biasa saja pak, cuma pengalaman hidup yang perlu dicurahkan

  2. halo pak guru..
    gilakk pak guru pernah bikin web submiting jg to??
    hebat banget.. karya2 pak guru selalu bikin saya takjub..

    • Halo mastah ! Halah, cuma web submitting biasa saja. Masih kalah jauh saya dengan kemampuan bapak mastah web developer jagoan.
      *btw, apaan Usernamemu pake “sang murid” segala ? -_-!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *