Pages Navigation Menu

my official site to waste my time

Superhero

Superheroes

Banyak sekali film superhero di tahun ini, mulai dari Spiderman, Batman, Iron Man, Captain America, bahkan gabungan beberapa superhero. Keren memang melihat aksi-aksi mereka dalam menumpas kejahatan dan kebatilan di muka bumi tercinta. Kebanyakan dari superhero tersebut memiliki kekuatan super, mulai otot yang besar dari radiasi sinar gamma sampai uang yang tak pernah habis dan kemudian digunakan untuk membuat gadget super keren.  Akan tetapi setelah saya menonton film dokumenter dari HBO berjudul Superheroes,  ternyata di kehidupan nyata juga ada orang-orang yang menjadi superhero seperti di film-film bioskop jaman sekarang, mereka disebut dengan Real Life Superheroes (RLSH).

Real Life Superheroes (RLSH) adalah orang yang berpenampilan seperti superhero yang lengkap dengan kostumnya. Mereka tidak punya kekuatan super, tidak bisa merayap di dinding, tidak bisa menembus tembok atau tidak punya gadget sekeren batman. Satu-satunya kekuatan super yang mereka miliki adalah rasa kepedulian yang lebih besar dari orang-orang sekitar.  RLSH memiliki bermacam-macam misi, diantaranya misi memerangi kriminal dengan cara patroli pada malam hari, ada lagi yang memberikan bantuan kepada pada gelandangan. Orang-orang ini percaya apa yang mereka lakukan akan memberikan perubahan terhadap lingkungan mereka.

Banyak sekali alasan yang membuat mereka memilih jalan menjadi Real Life Superheroes. Namun alasan utamanya adalah karena mereka sudah muak dengan hilangnya kepedulian di masyarakat modern, orang-orang menjadi semakin apatis dan egois. Hal ini mengingatkan saya pada video Yue Yue yang beberapa bulan lalu tersebar luas di social media. Yue Yue ini adalah seorang gadis cilik dari China yang berusia 2 tahun dan mengalami kecelakaan terlindas truk, yak benar! terlindas truk. Lebih parahnya lagi ada sekitar 8 orang lalu lalang di hadapan Yue Yue tapi sama sekali tidak tergerak untuk menolong gadis cilik itu. Sebuah fenomena yang benar-benar miris untuk dilihat.

Video Yue Yue SelectShow

Atau pernah dengar kisah tentang  Foto terkenal dari Kevin Carter?  Kevin Carter merupakan seorang jurnalis yang mengabadikan penderitaan yang dialami oleh penduduk Afrika.  Sebuah foto tentang gadis cilik yang merangkak kelaparan dan seekor burung bangkai terlihat menunggunya di belakang gadis tersebut merupakan salah satu foto yang dihasilkan Kevin Carter di Afrika.  Setelah mengambil foto, Kevin hanya mengusir burung bangkai dan sama sekali tidak menolong gadis tersebut. Pada akhirnya Foto tersebut memang menang sebuah penghargaan Pulitzer, akan tetapi Kevin Carter bunuh diri setahun sesudahnya.

Foto Kevin Carter SelectShow

Selidik punya selidik, ternyata ada nama untuk fenomena ini, yaitu bystander effect atau Genovese syndrome.  Bystander Effect adalah sebuah fenomena dimana seseorang tidak memberikan bantuan berarti kepada korban saat situasi darurat terjadi pada waktu yang sama. Kemungkinan seseorang untuk memberikan bantuan berbanding terbalik terhadap jumlah orang yang melihat situasi darurat. Dengan kata lain, seseorang menjadi merasa lebih kecil keinginannya untuk membantu seseorang jika ia bukan satu-satunya orang yang melihat orang yang membutuhkan pertolongan tersebut.

Nama Genovese Syndrome sendiri diambil dari sebuah kisah yang sangat menyedihkan, yaitu kisah yang menceritakan tentang Catherine Susan “Kitty” Genovese seorang wanita asal New York Amerika yang diserang secara brutal, diperkosa dan dibunuh di lingkungan rumahnya sendiri yaitu di Queens New York City pada tanggal 13 Maret 1964. Masalahnya adalah ada sekitar 38 orang dari apartemen di dekat kejadian tersebeut mendengar teriakan Susan, akan tetapi mereka tidak melakukan apapun, mereka seperti yakin bahwa kejadian itu bukanlah tanggung jawab mereka sehingga tidak ada satupun orang yang tergerak untuk menolong Susan. Kejadian ini merupakan salah satu inspirasi sekaligus sebagai penyesalan utama bagi Mr Extreme yang merulapak salah seorang RLSH. Mr Extreme sangat menyesal karena dia tidak ada disana pada saat hal tersebut terjadi, kemarahan terhadap kepedulian sosial masyarakat sekitarlah yang membuat Mr Extreme tergerak menjadi RLSH. Bahkan Mr Extrem menempelkan foto Susan Kitty Genovese di kostum superheronya.

Ada banyak sekali video eksperimen di Youtube tentang bystander effect, seperti video di bawah ini

Bystander Experiment SelectShow

Mengerikan bukan !? ternyata kita hidup di masyarakat seperti itu, dan sayang sekali kita sendirilah masyarakat itu.

Tanpa kita sadari, mungkin kita semua pernah menjadi seorang bystander. Contohnya jika ada kecelakaan terjadi, kebanyakan orang akan berhenti untuk sekedar menikmati tontonan gratis atau malah update status tentang kecelakaan tersebut di social media tanpa memberikan bantuan yang berarti. Tidak cukup hanya dengan kesadaran, tetapi harus diikuti dengan kemauan bereaksi terhadap situasi yang terjadi di sekitar.  Disini kepedulian terhadap sesama menjadi poin yang sangat penting.

Semoga tulisan ini meyadarkan kita semua, bahwa kepedulian yang kecil sekalipun dapat membawa dampak yang besar terhadap hidup orang lain. Amin !

The World is a dangerous place not because of those who do evil but because of those who look on and do nothing. ~ Einstein

  • Share on Tumblr

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *